Khasiat Lobak dan Daun Pegaga Untuk Anyang Anyangan

23 Agu

Khasiat Lobak dan Daun Pegaga Untuk Anyang Anyangan

Khasiat Lobak Untuk Anyang Anyangan

Khasiat Lobak Untuk Anyang Anyangan,- Lobak merupakan jenis sayuran yang dapat tumbuh dengan baik didataran rendah ataupun didaerah pegunungan. Lobak ini mempunyai banyak variates, ukuran bervariasi, warna (merah, putih, abu-abu hitam, pink dan juga kuning) serta rasanya dan juga waktu pertumbuhannya lama.

Baca juga : Khasiat Daun kucai dan Labu Air Untuk Anyang Anyangan

Bentuk dari lobak ini bisa berbentuk bulat, silinder dan lonjong. Tanaman lobak ini sering juga ditanam untuk menjadi pencegah atau juga untuk mengobati beberapa jenis penyakit karena adanya kandungan nutrisi didalam lobak ini. Oleh sebab itu tanaman lobak ini juga sudah banyak ditanam diberbagai daerah Indonesia.

Khasiat Lobak Untuk Anyang Anyangan

1. Didalam tanaman lobak ini terdapat kandungan vitamin yang lumayan tinggi, vitamin C sendiri sangatlah bagus untuk kesehatan, terutama untuk mengobati penyakit anyang anyangan. Penyakit anyang anyangan dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi vitamin C.

Selain untuk mengobati anyang anyangan, lobak ini juga berkhasiat untuk sebagai berikut :

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Tanaman lobak didalamnya mengandung karbohidrat dan juga serat yang dapat meningkatkan fungsi saluran pencernaan. Serat ini berfungsi untuk dapat menjaga usus yang normal dan juga untuk meningkatkan kemampuan usus agar dapat menyerap nutrisi.

2. Mencegah dan menyembuhkan gangguan kemih

Lobak ini juga telah dikategorikan sebagai diuretik yang bisa untuk meningkatkan produksi urin. Jus lobak bisa juga untuk menyembuhkan peradangan dan mengurangi rasa yang panas pada bagian saluran kemih selama proses buang air kecil/kencing.

3. Mencegah dan meringankan sembelit

Minuman olahan jus yang berbahan dasar dari tanaman lobak ini, dapat membantu untuk menyembuhkan dan meringankan sembelit dengan cara menenangkan sebuah sistem pencernaan dan juga memperlancar sistem ekskresi.

4. Membantu menurunkan berat badan

Lobak ini didalamnya rendah kalori akan tetapi dapat membuat perut anda menjadi merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Jika mengkonsumsi tanaman lobak ini maka akan menjadi salah satu cara alternatif untuk menggantikan karbohidrat yang tinggi kalori.

Lobak ini juga tinggi akan kandungan serat dan juga mempunyai indeks glikemik yang sangat rendah. Yang mana berarti bahwa lobak ini tidak akan menaikan gula darah orang yang mengkonsumsi tersebut  dan juga tidak akan menyebabkan kelaparan.

Khasiat Lobak dan Daun pegaga Untuk Anyang Anyangan

5. Mengurangi resiko penyakit Kardiovaskular

Tanaman lobak ini didalamnya juga terdapat kandungan pigmen yang disebut dengan antosianin yaitu sebuah kandungan antioksidan yang lumayan kuat dan dapat bisa untuk melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular. Beberapa studi yang telah melaporkan bahwa pigmen antosianin yang ada didalam tanaman lobak ini mempunyai dampak yang signifikan, atau mengurangi kemungkinan terkena penyakit kardiovaskular.

6. Mencegah terjadinya kanker

Lobak didalamnya juga mengandung vitamin C, antosianin dan juga asam folat yang dikenal sebagai yang bisa untuk mencegah kerusakan akibat dari radikal bebas yang dapat menyebabkab terjadinya kanker.

Mengkonsumsi lobak dengan secara rutin dapat mencegah anda dari serangan kanker tertentu seperti kanker ginjal, mulut, lambung dan usus. Sebuah studi juga melaporkan bahwa lobak juga mengandung zat yang disebut dengan inthiocyanates yang bisa memicu apoptosis (kematian sendiri) dari sel-sel kanker.

7. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C yang ada dalam lobak ini mampu untuk menjaga kesehatan pada kulit. Kandungan vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang kuat dan dapat untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan yang disebabkan oleh efek radikal bebas.

Kandungan vitamin C yang hadir dalam lobak akan membuat lobak menjadi makanan yang sangat baik untuk kulit. Kemudian kandungan air yang terkandung pada lobak ini juga akan membantu melembabkan kulit.

Khasiat Lobak dan Daun Pegaga Untuk Anyang Anyangan

Khasiat Daun Pegaga Untuk Anyang Anyangan
Khasiat Daun Pegaga Untuk Anyang Anyangan,- Daun pegaga merupakan daun dari tanaman pegaga yang biasanya bisa dijumpai dikebun, sawah, ladang ataupu disisi jalan. Orang India diduga telah lama mengetahui manfaat daun pegaga untuk kesehatan, kecantikan dan juga pengobatan.

Hal ini dapat dilihat dari tradisi Ayurvedic yang menyebut daun pegaga ini sebagai tanaman untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Orang-orang kuno jaman dulu dibenua Afrika dan Tiongkok, mereka semua sudah sangat lama mengetahui khasiat dari daun pegaga ini untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Tanaman ni termasuk tanaman yang herbal dan tumbuh dilingkungan yang lembab dan juga berair. Tipe tumbuhnya dari pegaga adalah seperti menjalar dan mirip dengan selada air. Rasa dari daun pegaga ini adalah tawar, menyegarkan dan juga dingin. Sebuah penelitian telah menunjukan penelitiannya, dan hasilnya pun memang kaya khasiat untuk kesehatan, kecantikan dan juga pengobatan.

Khasiat Daun Pegaga Untuk Anyang Anyangan

1. Daun pegaga juga sama dengan kandungan lobak, yaitu mempunyai kandungan vitamin  C. Vitamin C sendiri dapat menjadi obat untuk penyakit anyang anyangan.

Selain untuk mengobati anyang anyangan, daun pegaga ini juga berkhasiat untuk sebagai berikut :

1. Mengencangkan kulit

Ekstra dari daun pegaga akan merangsang regenerasi sel-sel yang baru sehingga kulit akan menjadi selalu kencang dan juga elastis. Zat-zat yang terkandung didalam daun pegaga seperti asam lemak, asam amino dan beta karoten yang akan membantu untuk proses regenerasi sel-sel kulit.

Ekstra ini mampu untuk menembus kedalam jaringan kulit sehingga akan dapat dimanfaatkan secara efektif oleh sel-sel. Senyawa yang paling aktif dalam meregenerasi sel adalah zat asam amino dan etil asetat.

2. Mencerahkan kulit

Senyawa yang bersifat antioksidan lah yang akan membuat kulit menjadi lebih cerah dan juga bercahaya. Regenerasi sel-sel adan kolagen yang terbentuk akan memberikan hasil kulit yang cerah dan juga segar. Terutama pada area kulit wajah yang sering mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari dan senyawa kimia yang berbahaya.

Khasiat Lobak dan Daun Pegaga Untuk Anyang Anyangan

3. Mencegah kemunculan jerawat

Daun pegaga yang diolah menjadi bubur sangatlah bagus untuk dijadikan masker wajah. Selain membuat kulit wajah menjadi sehat, daun pegaga ini juga dapat mencegah timbulnya jerawat. Zat asam amino, asam lemak, betakaroten akan berperan menjadi pelindung kulit wajah.

4. Memperlacar sirkulasi darah di kulit kepala

Ekstra tanaman ini juga bisa memperlancar darah dikulit kepala. Oksigen dapat diangkut ke pembuluh kapiler yang berada pada jaringan kulit kepala. Hal ini akan merangsang proses pertumbuhan rambut, menguatkan rambut dan juga untuk menyehatkan rambut. Hasilnya ialah rambut akan menjadi berkilau dan juga sangat indah.

sumber : https://www.spesialisanyanganyangan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *